LAPORAN PTQ ( PROGRAM TEBAR QUBAN ) LAZ ULIL ALABAB 2010

LAPORAN PTQ ( PROGRAM TEBAR QUBAN ) LAZ ULIL ALABAB 2010
OLEH :
FIRLANA

Salah satu pelaksanaan PTQ ( Program Tebar Qurban ) 2010 yang diadakan oleh yayasan LAZ Ulil Albab adalah Desa Karang Gading, Kabupaten Deli Serdang, Kecamatan Labuhan Deli. Untuk mencapai lokasi ini membutuhkan waktu + 2 jam perjalanan dari kota Medan. Cukup mengesankan perjalanannya, karena untuk sampai ke daerah ini kita harus melewati akses jalan yang berliku, terdapat juga jalan kerikil dan batu khususnya saat mendekati desa ini, terlihat jelas bahwa jalan-jalan yang kurang memadai, terkesan kurang perhatian dari pemerintahan daerah setempat. Untuk mencapai desa ini harus membutuhkan dan mengorbankan banyak waktu, tenaga dan semangat.

Sesampainya di desa, sambutan hangat masyarakat yang ramah dan bersahabat seraya dilontarkan. Ternyata daerah ini merupakan salah satu daerah yang selama ini mendapat perhatian khusus dari LAZ Ulil Albab dan salah satu target dalam pemeberantasan kaum dhuafa dari LAZ Ulil Albab. Sangat senang kiranya mendapat sambutan itu, termasuk saya (Firlana) sendiri sebagai adik asuh yang mengemban tugas mendata penduduk dalam pelaksanaan kegiatan PTQ ini. Sama seperti halnya yang dirasakan oleh penanggung jawab PTQ yaitu Mas Tris yang melaksanakan PTQ di desa ini. Dukungan masyarakat dalam pelaksanaan qurban terlihat dalam partisipasinya, sehingga kegiatan PTQ ini lebih cepat terselesaikan yang pelaksanaanya di Mushola Al-Ikhlas di desa ini.

Di desa ini kegiatan rutinitas pada umumnya adalah perwiritan, namun karena kurangnya tenaga dakwah agaknya program kegiatan keagamaan agak sedikit tersendat, maka dari itu perlu ada semangat baru dan terobosan baru untuk mengembangkan dakwah di desa ini.

Untuk hal dakwah sebenarnya masyarakat menyikapinya dengan penuh antusias dan kegembiraan bila ada yang mau mendidik agama kepada mereka. Namun kendala utama dalam dakwah di desa ini adalah minimnya pendidik agama (ustadz) di desa ini di tambah dengan akses jalan yang kurang memadai yang harus banyak mengorbankan tenaga, semangat dan waktu mencapainya. Kondisi ini menberikan keprihatinan kepada warga muslim dalam melaksanakan ibadah mereka. Maka untuk menyikapinya sudah sepantasnya lah di desa ini ditempatkan seorang pendididk agama tetap yang mampu mendidik warga muslim dalam hal beribadah dan kesempurnaan ibadah kepad Allah SWT.

Dusun yang 100% penduduknya muslim tersebut, merupakan salah satu kantong kemiskinan Deli Serdang. Kesejahteraan masyarakat jauh dari memadai. Ditambah lagi akses jalan sangat memprihatinkan. Jalan yang ada sebagiannya adalah jalan tanah yang jika hujan akan sulit dilalui. Penduduk yang mayoritas muslim ini berjumlah 71 KK (hasil pendataan PTQ) dan umumnya tergolong miskin dan berpenghasilan kecil karena warga di desa ini banyak bekerja sebagai buruh tani dan nelayan. Banyak potensi daerah yang dapat dikembangkan, seperti; sawah, kebun sawit, tambak udang dan kepiting. Namun semua itu belum dapat mensejahterakan masyarakat dan belum mampu mencukupi kebutuhan mereka. Bagaimana tidak? Sawah, kebun, dan tambak tersebut bukan milik masyarakat karena masyarakat hanya bekerja sebagai buruh di daereah terseubut.

PTQ kali ini merupakan PTQ kedua kalinya di desa tersebut yang diadakan oleh LAZ Ulil Albab setelah setahun yang lalu. Namun terlihat jelas sekali partisipasi masyarakat manfaat akan PTQ bagi mereka mengingat jarangnya diadakan pelaksanaan qurban di desa tersebut. Banyak masyarakat yang menyambut dengan gembira dan rasa syukur dengan diadakanya qurban ini. Warga berduyun-duyun segera berdatangan membantu dalam pelasanaan PTQ ini. “Sepertinya PTQ dengan 3 ekor kambing belum mampu mencukupi banyaknya penduduk miskin ( 71 KK) yang menerima qurban” seperti itulah salah satu tuturan dari masyarakat setempat sembari mengucapakan banyak terima kasih dan menuturkan harapanya. Tapi idealnya adalah satu ekor sapi, dan Insyallah LAZ Ulil Albab akan mengusahakan dalam pengadaan sapi untuk PTQ tahun berikutnya di desa tersebut. Amin.

LAPORAN PTQ ( PROGRAM TEBAR QUBAN )
LAZ ULIL ALBAB 2010

OLEH :

FIRLANA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: